Strategi SEO untuk Bisnis
Online
Pengetahuan
mengenai SEO adalah wajib bagi anda yang akan dan yang telah terjun di bisnis
online. SEO merupakan cara untuk menarik pengunjung melalui mesin
pencari/search engine, karena mayoritas pengguna internet mencari informasi di
search engine. Dengan memahami cara kerja SEO, maka anda akan mudah
mendatangkan traffic ke website anda dan ini sangat penting bagi bisnis online
yang anda jalankan. Hampir 90% pengunjung website datangnya dari search engine,
itulah mengapa internet marketer akan berlomba-lomba mengejar ranking dan
tampil dihalaman pertama di search engine.
Berikut ini adalah
strategi SEO untuk bisnis online :
1.
Buat Konten Berkualitas
Buatlah
konten yang berkualitas. Anda perlu pahami bagaimana mesin pencari/search
engine bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik
sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.Selain itu, mesin pencari saat ini sudah
semakin canggih. Mereka bisa memahami artikel dengan baik. Buatlah konten yang
relevan dan menarik untuk dibaca.
2.
Memahami keyword
Pilihlah
keyword/kata kunci dengan baik. Lihat kata kunci yang anda targetkan apakah
banyak pesaingnya? Pahami target pasar anda, cari tahu istilah apa yang sering
mereka pakai, apa yang mereka cari. Anda bisa melihat peluang dari kata kunci
yang belum banyak ditarget orang lain. Oleh sebab itu, pebisnis online yang
menggunakan SEO harus memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau
target market mereka.
3.
Membangun backlink
Dalam
SEO, salah satu faktor penting adalah membangun backlink. Backlink adalah link
yang diberikan oleh pihak lain ke website anda. Jika link tersebut diklik maka
pengunjung akan diantarkan ke website yang diberikan link tersebut.Backlink merupakan
bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan
sebagai referensi. Search engine menangkap sinyal backlink tersebut dan
menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.
Namun,
yang perlu dipahami dari awal bahwa yang penting bukan kuantitas tapi kualitas
backlink anda. Cara mencari backlinks secara massal dengan menggunakan software
otomatis sangatlah berbahaya.Walaupun bisa menaikkan rangking website yang
dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan
terdeteksi algoritma Google yang bisa berakibat fatal, yaitu penurunan rangking
di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalty
hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal). Banklink
yang berkualitas adalah yang relevan, related dan high authority.
4. Mobile
Friendly
Strategi ini sangat penting untuk SEO
saat ini, karena google sendiri sudah menghimbau pada para webmaster untuk
mengembangkan Responsive Web Design. Google mulai memberikan label “Mobile
Friendly” dibawah judul laman pada halaman hasil pencarian (SERP) versi mobile.
Ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada user bahwa blog/website
tersebut sudah mendukung untuk mobile friendly.
5. Share
Konten ke Media Sosial
Konten
yang shareable atau yang dibagikan dan menyebar dimana-mana menunjukkan bahwa
konten tersebut berkualitas, konten seperti ini akan mendapatkan backlink
secara natural, dan akan menghasilkan peringkat yang lebih tinggi di search
engine, serta meningkatkan kualitas dan popularitas.
6. Kecepatan
Akses
Kecepatan
akses laman adalah salah satu faktor penentu dalam search engine. Selain responsive
tentu harus fast load juga, ini sangat penting untuk strategi SEO. Jangan lupa
untuk berkonsentrasi pada aspek kecepatan aksesnya.
Comments
Post a Comment