Melirik Ecommerce
dan Kunci Suksesnya
Ecommerce di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.
Website ECommerce bisa menghasilkan pendapatan yang sangat besar jika dilakukan
dengan benar dan karenanya merupakan salah satu model bisnis online yang paling
menguntungkan saat ini. Model bisnis ini umumnya membutuhkan staf khusus untuk
me-manage dan melakukan berbagai pekerjaan administrasi bisnis.
ECommerce
: Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce,
juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan
jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau
jaringan komputer lainnya.
Tipe E-Commerce di Indonesia :
1. Iklan Baris,
merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap
sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam
dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan,
biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang
bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung
untuk bertransaksi. Contoh iklan baris : Tokobagus, Berniaga, dan FJB-Kaskus.
2. Retail, merupakan jenis e-commerce yang
dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan
oleh situs retail yang bersangkutan. Kegiatan jual-beli di retail relatif aman,
biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke
beberapa kategori produk. Contoh retail : Berrybenka, Zalora, dan Lazada.
3. Marketplace,
bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan
penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di
website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan
keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem
pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Setiap
terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan
menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk
sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses
pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
Faktor-faktor yang menjadikunci sukses
dalam E-commerce :
-
Produk
yang berkualitas
-
Tim
manajemen yang handal
-
Pengiriman
yang tepat waktu
-
Struktur
organisasi bisnis yang baik
-
Keamanan
transaksi
-
Harga
yang kompetitif
-
Menyediakan
Customer Service
-
Memberi
informasi produk yang jelas dan detail
-
Memberikan
penawaran istimewa, seperti : diskon spesial, kupon, bonus, dll
-
Mempermudah
proses transaksi
-
Menerima
masukan dari customer
Tips Sukses Membangun E-commerce :
-
Beriklanlah
di Google AdWords
Iklan di AdWords sangat banyak
manfaatnya bagus dan sangat tertarget. Artinya di sini iklan anda akan
ditayangkan pada audience yang memiliki tingkat relevansi yang tepat.
-
ReMarketing
ulang kunjungan belanja ECommerce anda
Kemungkinan kecil pengunjung melakukan
transaski pada kunjungan pertama. Karena itu gunakan fungsi Google Analytics
untuk membantu melakukan remarketing terhadap swing customer anda. Dengan
remarketing diharapkan mereka menjadi lebih mengenal merek atau produk anda. Pada
akhirnya bisa meningkatkan transaksi produk ECommerce.Dengan hal ini diharapkan
pengunjung akan bertransaksi pada ECommerce Aada pada kunjungan berikutnya.
-
Lakukan
riset harga yang berkelanjutan
harga menjadi sesuatu yang sangat
sensitif untuk perkembangan bisnis ECommerce.Strategi penetapan harga membuat
perbedaan besar dalam keberhasilan sebuah bisnis e-commerce. Pastikan harga
yang anda tawarkan tidak keluar terlalu jauh dari harga pasar saat ini.
-
Maksimalkan
fitur untuk pengguna ponsel
Semakin besarnya pengguna ponsel saat
ini membuat website ECommerce juga harus menyesuaikan diri. Apalagi dengan
Algoritma Google yang paling baru dengan karakter yang lebih mengutamakan easy
mobile.
Comments
Post a Comment